Daftar 5 Striker Timnas Indonesia Paling Fenomenal

Striker Timnas Indonesia

Posisi penyerang menjadi salah satu posisi yang nampak sangat keren di sepak bola apalagi ketika berhasil mencetak gol. Timnas Indonesia sendiri saat ini memiliki banyak striker utama yang memiliki kualitas mumpuni apalagi saat naturalisasi mulai dilakukan. Striker timnas Indonesia saat ini terus semakin baik setiap tahunnya.

Striker bisa dibilang sebagai ujung tombak tim yang menentukan menang atau tidaknya sebuah tim dari gol yang dicetak. Ada beberapa nama yang tidak akan pernah dilupakan jasanya dalam beberapa tahun belakangan ini. Ini dia daftar striker timnas Indonesia yang paling berpengaruh dalam 10 tahun terakhir:

1. Gonzales

Kebangkitan striker timnas pertama kali dimulai dari adanya El Loco Gonzales pada ajang Piala AFF 2010 silam. El Loco bermain di bawah kepemimpinan pelatih Alfred Riedl yang juga turut memperkuat timnas di AFF 2014 lalu. Debut pertama El Loco sudah memberikan hasil yang mengagumkan meskipun karirnya di timnas tidak begitu lama.

READ  Daftar Pemain Timnas Indonesia U 19 Yang Mengikuti Pelatihan di Kroasia

Momen paling menegangkan saat itu adalah ketika Gonzales berhasil mencetak gol dari luar kotak penalti ke gawang Filipina. Gol tersebut berhasil membawa Indonesia melaju ke babak final meskipun harus dikalahkan oleh Malaysia. Di level timnas, El Loco telah bermain sebanyak 32 kali dengan catatan 13 gol.

2. Boaz Solossa

Siapa yang tidak mengenal penyerang paling fenomenal satu ini dengan tingkahnya yang terbilang cukup tengil? Boaz Salossa memang terkenal sangat garang di level tim dengan catatan pertandingan yang sangat mengagumkan.

Boaz menjadi striker utama dalam Piala AFF tahun 2014 dan 2016 di timnas Indonesia meskipun kemudian berakhir karena usia. Di level timnas, Boaz berhasil mengumpulkan 14 gol dari total 48 penampilan bersama dengan timnas Indonesia.

3. Bambang Pamungkas

Pria yang kerap disebut dengan Bepe ini memang menjadi salah satu striker hebat timnas Indonesia 10 tahun terakhir. Bepe memasuki masa senja ketika memperkuat timnas di tahun 2010 dan 2012 dimana tahun itu sekaligus menutup karirnya bersama timnas.

READ  Inilah Formasi Skuad Inter 2021 Terbaru

Bepe telah tercatat memberikan 37 gol dengan penampilannya sebanyak 87 bersama tim nasional Indonesia. Catatan gol Bepe ini merupakan catatan gol terbanyak kedua setelah pemain lama, Soetjipto Soentoro dengan 57 golnya. Pemain ini memang memiliki performa yang menurun tetapi akan selalu dihormati karena jasanya.

4. Irfan Bachdim

Tahun 2012 dan 2012 menjadi salah satu titik balik Timnas Indonesia karena kembalinya euphoria yang sudah lama menghilang. Ada satu pemain fenomenal saat itu, Irfan Bachdim yang merupakan salah satu pemain naturalisasi. Irfan Bachdim juga dikenal sebagai salah satu artis dengan banyak iklan karena ketampanan wajahnya.

Irfan Bachdim memang tidak memberikan pola serangan yang mengagumkan tetapi pemain ini sering dipilih untuk memperkuat timnas. Bachdim telah ikut serta dalam beberapa kejuaraan seperti Piala AFF tahun 2010 dan 2012 serta kualifikasi Piala Dunia 2022.

READ  Terbaru! Inilah Daftar 9 Gaji Pelatih Termahal di Dunia

5. Alberto Goncalves

Lagi-lagi, striker timnas Indonesia diwarnai pemain naturalisasi yang berhasil memberikan catatan gemilang. Alberto Goncalves atau yang biasa disebut Beto ini menjadi WNI pada tahun 2018 lalu karena proses naturalisasi khusus.

Dalam karirnya, Beto sudah memperkuat Timnas Indonesia dalam dua kejuaraan bergengsi yakni di Piala AFF dan Kualifikasi Piala Dunia. Selama berkiprah, performa yang ditunjukkan sangat memuaskan dengan 11 catatan gol dari 15 permainan yang telah dilakukan.

Itulah dia beberapa striker timnas Indonesia yang terkenal karena kehebatannya dalam 10 tahun terakhir. Catatan panjang persepakbolaan di tingkat Tim Nasional Indonesia memang masih perlu banyak dibenahi. Akan tetapi, hal ini tidak membuat timnas menjadi tim yang payah di level internasional.

You May Also Like

About the Author: Rio Fernandes